Ketika cinta tidak seperti yang kau bayangkan…

Ketika kamu jatuh cinta, ada banyak hal yang kau bayangkan dan ingin kau kerjakan bersamanya. Ada juga beberapa hal yang kau ingin dia lakukan untukmu. Bukan hal-hal besar yang kau bayangkan, melainkan hal-hal kecilĀ  dan mudah untuk dia lakukan untukmu. Berikutnya kau akan senyum-senyum sendiri ketika membayangkan itu semua. Hanya sebuah lamunan, namun bisa membuatmu sedikit bahagia karenanya.

Tapi bagaimana jika yang kau bayangkan, ataupun yang kau inginkan tidak sesuai atau tidak tercapai pada kenyataannya?? Masihkah engkau mencintainya?? Masihkah engkau mengharapkannya untuk jadi yang kau bayangkan?? Masihkah kau berharap ia tetap jadi pangeran dalam kerajaan dongeng mu? Atau kau mencari pangeran lain yang sama persis seperti bayangmu??

Ya, kisah cinta tidak sama seperti kisah negeri dongeng. Siapa sih pengarang dongeng?? Mengapa ia membuat imajinasi terlalu tinggi untuk sebuah kenyataan kehidupan yang sesungguhnya?? Kenapa ia terlalu sempurna untuk sebuah mimpi yang sulit menjadi nyata?? Tidakkah imajinasinya terlalu kompleks, sehingga tidak ada celah untuk kegagalan menyertainya. Memang ternyata dongeng itu bukanlah imajinasi, tapi sebuah harapan. Harapan yang tidak akan pernah 100% menjadi sebuah realisasi yang kongkrit, ataupun kamu menjadi protagonis dan berakhir bahagia karenanya.

Pada intinya, semua pengalaman itu saya alami. Saya membayangkan sosoknya, dan terlintas berjuta cerita yang tidak pernah saya alami, tiba-tiba berputar mengelilingi mimpi-mimpi itu. Saya tidak pernah bercerita pada siapapun tentang imajinasi kompleks saya itu, yang saya lakukan hanya tetap bermain di dalamnya, tanpa pernah peduli, akan jadi kenyataan atau tidak.

Namun bak terbang kelangit ke-7, tiba-tiba pesawat kehabisan bensin, dan jatuh kedasar palung terdalam. Dingin, gelap, dan yang jelas sakit. Ketika tau kenyataan bahwa dia bukanlah pangeran yang kau harapkan. Dia bukanlah sosok yang bisa menjadi lawan mainmu dalam kerajaan cintamu. Dia bukanlah sosok pembawa bunga dan cokelat, dengan sebongkah senyum menawan di setiap paginya. Dia bukanlah bayanganmu..

Tapi jatuh cinta bukan persoalan dia mencintaimu kembali atau tidak. Jatuh cinta adalah perkara yang terjadi begitu saja, tanpa kamu tau kemana arah perjalannya, ataukah ada solusi atau klimaks dari sebuah rasa atas keinginan itu. Dan satu hal yang tidak bisa dipungkiri, aku jatuh cinta padanya.

Aku jatuh cinta pada setiap getaran bersamanya. Aku jatuh cinta pada setiap tawa hangat dan senyum lepasnya. Bahkan aku jatuh cinta pada bentakkannya.. Meskipun, sekali lagi meskipun, dia menolak menjadi lawan mainku dalam rumah dongeng yang ku rangkai dalam pikiranku.

Aku tidak pernah tau isi hatinya, tidak pernah memahami apa yang ada di dalam benaknya, sekalipun sikapnya yang jelas padaku. Aku terlalu naif untuk menebaknya. Tapi sepertinya bukan aku tidak bisa menebaknya, tapi takut hal yang berbeda telah kami rasakan.. Aku takut dia tidak mencintaiku…

Untuk menepis mimpi buruk itu, aku coba membangun mimpi indah yang lain meskipun mimpi indah yang lama tidak pernah terisi seutuhnya. Mimpi indah yang baru, yang aku sesuaikan dengan skenario keinginannya. Yang coba aku pahami adalah, dia bukan tidak mencintaiku, tapi dia punya cara lain, yang tidak sama untuk mencintaiku.

Ya, memang, ketika cinta tidak seperti yang kau bayangkan, mungkin bukan bayanganmu yang salah, tapi cara kau membayanginya yang salah. Pada akhirnya semua bayangan atau cerita dongeng yang kau rangkai harus sesuai dengan 2 imajinasi. Bukan hanya dirimu, bukan hanya satu. Tapi dua hati dan pikiran yang menjalani cerita itu. Meskipun ternyata bukan seperti dongeng jadinya. Tetapi bisa jadi cerita yang seperti realitas yang semestinya..

For my secret story ~ cerita yang tidak pernah aku ceritakan padamu, alasannya.. Ya karena tidak pernah terjadi.. :) But, i’m still loving you. 394155_2591976405493_1333035531_n

Leave a Reply

